Skip to content

Rosario Santo Antonius dari Padua

Santo Antonius dari Padua

Pengantar

St. Antonius lahir di Lisbon pada tahun 1195 dari sebuah keluarga bangsawan yang kaya dan terhormat. Orang tuanya mengirim dia studi untuk berharap suatu hari kelak anaknya akan menjadi seorang magister atau uskup. Ketika usianya mencapai 13 tahun, setelah doa yang panjang dan refleksi yang sangat serius, dia meninggalkan istananya yang kaya dan pergi ke biara Santo Vincent.  Pada13 Juni 1231, ia wafat di biara Santa Clara dekat Padua.  Pada tahun 1946, Paus Pius XII member gelar Pujangga Injil kepadanya.  Lidah St. Antonius, yang merupakan satu-satunya bagian tubuhnya yang tidak hancur, disimpan di Basilika di Padua.

Rosario Santo Antonius dari Padua (lihat gambar)

Rosario St. Antonius dari Padua

Untaian doa kepada St. Antonius terdiri dari 13 kelompok, yang masing – masing terdiri dari 3 butir.

1. St. Antonius, pemelihara jiwa yang sudah meninggal, doakanlah umat kristiani yang sedang menghadapi sakral maut dan jiwa saudara kami terkasih, yang sudah meninggal.
Bapa Kami, Salam Maria, Kemuliaan
2. St. Antonius, pengkhotbah Injil yang ulung, kuatkanlah kami melawan ajaran sesat para musuh Allah dan doakan Bapa Suci serta Gereja.
Bapa Kami, Salam Maria, Kemuliaan
3. St. Antonius, yang diberi kekuatan mukzijat oleh Hati Yesus , lindungilah kami dari bencana yang mengancam akibat dosa – dosa kami.
Bapa Kami, Salam Maria, Kemuliaan
4. St. Antonius, pengusir roh jahat, bantulah kami supaya dapat menang dari godaan setan.
Bapa Kami, Salam Maria, Kemuliaan
5. St. Antonius, bunga bakung surgawi yang amat suci, sucikanlah jiwa kami dari segala dosa dan lindungilah tubuh kami dari segala bahaya.
Bapa Kami, Salam Maria, Kemuliaan
6. St. Antonius, yang menyembuhkan orang sakit, doakanlah kami agar kami sembuh dari penyakit dan periharalah kesehatan kami.
Bapa Kami, Salam Maria, Kemuliaan
7. St. Antonius, penuntun dalam perjalanan, bawalah kami yang berada dalam bahaya kehancuran ke pelabuhan yang aman dan redakanlah gelombang perasaan tak terkendali yang mengancam jiwa kami.
Bapa Kami, Salam Maria, Kemuliaan
8. St. Antonius, pembebas para tawanan, doakanlah kami selamat dari perangkap kejahatan.
Bapa Kami, Salam Maria, Kemuliaan
9. St. Antonius, pemulih anggota badan bagi tua dan muda, kuatkanlah kesadaran kami akan kegunaan tubuh dan kepekaan hati yang baik.
Bapa Kami, Salam Maria, Kemuliaan
10. St. Antonius, penemu iman yang hilang, bantulah kami untuk menemukan kembali segala sesuatu yang hilang dari kami, jasmani maupun rohani.
Bapa Kami, Salam Maria, Kemuliaan
11. St. Antonius, yang dilindungi Bunda Maria, hindarkanlah kami dari bahaya yang mengancam tubuh dan jiwa kami.
Bapa Kami, Salam Maria, Kemuliaan
12. St. Antonius, penolong kaum papa, tolonglah kami dalam setiap kebutuhan dan berilah rejeki bagi siapa saja yang memohon kepadamu.
Bapa Kami, Salam Maria, Kemuliaan
13. St. Antonius, kami bersyukur atas kekuatan mukjizatmu dan kami mohon dengan rendah hati agar engkau melindungi kami setiap hari sepanjang hidup kami.
Bapa Kami, Salam Maria, Kemuliaan

Doa Penutup kepada Santo Antonius
“Terpujilah Allah bersama para malaikat dan orang Kudus Nya “

Ya St. Antonius yang paling lemah lembut diantara orang Kudus, cintamu kepada Allah dan belas kasihmu kepada mahkluk – Nya, menyebabkan engkau memiliki kekuatan mukjizat ketika masih hidup di dunia. Mukzijat – mukzijat menanti kau ucapkan, bila engkau siap memohonkannya bagi mereka yang menghadapi kesukaran dan kesedihan. Terdorong oleh gagasan ini, aku memohonkan darimu agar memperoleh bagiku (permohonan diucapkan…)

Jawaban untuk doaku ini mungkin membutuhkan terjadinya mukzijat, bahkan walaupun begitu, engkau adalah orang kudus dari banyak mukzijat.

Ya Santo Antonius yang lemah lembut dan penuh kuasa yang hatinya sanantiasa penuh simpati manusiawi, tolonglah bisikan permohonanku ini ke telinga Kanak – kanak Yesus yang manis, yang amat senang berada dalam pelukanmu, dan rasa syukur hatiku akan selalu menjadi milikmu. Amin

Doa Keluarga Kepada Santo Antonius

Tuhanku dan Allahku, Engkau telah mengutus St Antonius dari Padua, si pengkhotbah yang ulung di dalam gerejaMu untuk memuji dan memuliakan namaMu.

St. Antonius yang terkasih, dengarkanlah doa yang kami sampaikan dalam namamu bagi keluarga kami dan untuk semua orang yang berbakti kepadaNya. Jadilah perantara bagi kami dan perolehkan bagi kami rahmat surgawi untuk menanggung beratnya beban kami. Tolonglah kami pada saat-saat kami lemah, jadilah pembela kami melawan penyakit dan bahaya bagi tubuh serta jiwa kami. Bantulah kami dalam menanggung penderitaan dan pencobaan, serta teguhkanlah kami dalam iman. Perolehkan bagi kami kebaikan hati Tuhan agar kami boleh mengambil bagian dari kemurahan hati Allah dengan mereka yang miskin dan menderita. Dengarkanlah doa-doa kami, ya St. Antonius yang melakukan banyak mukjizat. Dengan murah hati jawablah kami, yang menaruhkan kepercayaan kami kepada doamu yang pasti didengarkan oleh Allah.

Ya St. Antonius, doakanlah kami agar kami pantas menerima janji-janji Kristus. 3X. Amin

No comments yet

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: